Sebagian Petani Mulai Tanam Bawang Merah

03 April 2018 18:47:54 WIB

Karangmojo (Sida Samekta)- Setelah panen padi, banyak petani di desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo Gunungkidul mulai menanam bawang merah.
Petani bawang merah di daerah bisa memana bawang merah setiap saat karena pasokan air masih cukup, namun mereka tetap memanfaatkan curah hujan tinggi agar biaya tanam rendah.

Selama ini biaya pompanisasi yang dilakukan sejumlah petani bawang merah membutuhkan modal tanam cukup tinggi, sehingga musim hujan mereka memanfaatkan untuk mengurangi biaya tanam.

Menanam saat musim hujan pertumbuhan tanaman bawang merah cukup baik, karena pasokan air melimpah, selain itu menghemat modal tanam karena kesempatan tersebut hanya dua kali dalam setahun.

Petani sudah terbiasa menanam bawang merah, meski daerah ini dominan tanam padi, diperkirakan bawang merah memiliki keunggulan seperti waktu tanam cukup singkat dan mudah perawatannya.

"Petani memilih tanaman bawang merah karena selain hemat air, keuntungannya masih menjanjikan dibandingkan tanam padi," kata Untung S salah satu petani awang merah di Karangmojo.

Komentar atas Sebagian Petani Mulai Tanam Bawang Merah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar