Peringati Hari Jadi Gunungkidul ke 188, PemDes Karangmojo Berpakaian Adat Jawa

27 Mei 2019 08:26:32 WIB

KARANGMOJO (Tim SID). Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 188 sesuai dengan himbauan Bupati Gunungkidul melalui Panitia Penyelenggara Hari Jadi ke 188 Kabupaten GUnungkidul dengan surat edaran No. 029/Pan HJ/GK/2019 bahwasanya Perangkat Desa dalam menyelenggarakan kegiatan kedinasan memakai pakaian adat Gagrak Ngayogyakarta.

Pada tahun 2019 ini, tema yang diusung adalah "SEMPULUR" yang mengandung makna  "sekuruh karya besar Pemerintah Kabupaetn Gunungkidul untuk kesejahteraan masyarakat hasilnya dapat dinikmati dan tetap lestari (terus tumangkar, ngrembaka dan lestari). Demi mendukung kegiatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul, masyarakat juga dimohon untuk memasang umbul-umbul Podang Ngisep Sari yang merupakan umbul-umbul khas Kabupaten Gunungkidul selama tujuh hari. Selain perangkat desa yang dihimbau untuk menggunakan pakaian adat jawa, termasuk juga untuk pelajar, pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul serta mahasiswa.

Kegiatan lainnya yaitu mengadakan Malam Tirakatan di Kecamatan karangmojo dengan sub Tema Revitalisasi Budaya Jawa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang mana acara Malam Tirakatan di Kecamatan Karangmojo di akhiri dengan kegiatan potong tumpeng sebagai bentuk rasa syukur dan memohon agar Kabupaten Gunungkidul kedepannya lebih baik, masyarakat lebih terangkat ekonominya serta tentram, damai dan sejahtera.

Himbauan menggunakan Pakaian Adat Jawa ini juga sebagai bentuk nguri-uri adat jawa serta menjaga Keistimewaan Yogyakarta. Harapannya kedepan semoga Kabupaten Gunungkidul semakin maju dalam bidang kepariwisataan sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat dan angka kemiskinan semakin berkurang.

 

Komentar atas Peringati Hari Jadi Gunungkidul ke 188, PemDes Karangmojo Berpakaian Adat Jawa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar